MENYAMBUT UNDANG-UNDANG PEKERJA SOSIAL: PAKAR-PAKAR PEKERJAAN SOSIAL MENGGELAR FGD DI STISIP WIDURI

1166

Gambar: Seluruh Peserta Diskusi Terpumpun Berfoto Bersama di Aula Widuri

Socialworksktetch.id – Kamis (21/2) pagi tepat di Aula Kampus Widuri, Jakarta Selatan berlangsung “Diskusi terpumpun Pakar Kesejahteraan dan Pekerjaan Sosial: Pendidikan Tinggi siap menyambut Undang-undang Pekerja Sosial”. Focus Group Disscussion (FGD) terselenggara atas inisiatif bersama antara Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Soisal (DNIKS), Asosiasi Pendidikan Pekerjaan Sosial dan Kesejahteraan Sosial Indonesia (ASPEKSI), Konsorsium Pekerjaan Sosial Indonesia (KPSI), Ikatan Pekerja Sosial Profesional Indonesia (IPSPI) dan STISIP Widuri Jakarta.

Acara FGD dihadiri sebanyak 60 peserta yang merupakan Akademisi dan Praktisi. Acara dibuka oleh Prof. Dr. Robert M.Z. Lawang selaku ketua STISIP WIduri, dan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian pandangan Dr. Oman Sukmana, Ketua ASPEKSI; Miryam Nainggolan, MSW, Sekjend KPSI; Tantyo Adji Sudharmono, Ketua DNIKS, dan dipandu oleh Dr. Puji Pujiono, MSW.

Kegiatan berlangsung dengan tiga tahapan proses. Pertama, penyampaian prolog dari Dr. Puji Pujiono mengenai agenda pertemuan. Dilanjutkan dengan agenda kedua, paparan oleh Prof. Ismail Baba, PhD selaku Presiden Malaysian Association of Social Workers (MASW) yang berbagi mengenai perkembangan dan konten daripada Rancangan Undang-undang Pekerja Sosial di Malaysia dan paparan Prof. Syarif Muhidin Abdurrahman, serta Dr. Oman Sukmana terkait perkembangan kurikulum pendidikan kesejahteraan dan pekerjaan sosial di Indonesia.

Terakhir, para peserta dibagi menjadi tiga kelompok diskusi dengan topik yang telah ditentukan. Pertama, definisi dan syarat Pekerja Sosial yang dipandu oleh Miryam Nainggolan, Psi., MSW dan Dr. Dwi Yuliani, MSi. Kedua, kurikulum pendidikan tinggi kesejahteraan sosial dan pekerjaan sosial yang dipandu oleh Prof. Dr, H. Jusman Iskandar, M.S. Ketiga, tentang prospek penyelenggaraan pendidikan dan uji kompetensi profesi yang dipandu oleh Dr. Didiet Widowati. Diakhir sesi penutup, disepakati sebuah deklarasi bersama untuk mendukung penuh hadirnya Undang-undang Pekerja Sosial di Indonesia.

Download Hasil FGD: http://bit.ly/2Wg8y7j