LK3 MENJANGKAU KELUARGA DI RPTRA HARAPAN MULIA

538

Gambar 1: Penyelenggara Penjangkauan dan Sosialisasi LK3 Berfoto Bersama

Socialworksketch.id- Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Djakarta bekerjasama dengan pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Harapan Mulia, Jakarta Pusat. Kegiatan penjangkauan dan sosialisasi dilakukan pada akhir pekan di aula RPTRA. Tema yang diusung “Membangun Ketahanan Psikososial Keluarga, Menuju Keluarga Merdeka.”

Kegiatan menyasar pada orang dewasa dan anak-anak. Sosialisasi dan penjangkauan keluarga ditujukan kepada 56 peserta yang terdiri dari warga sekitar RPTRA. Tidak jauh dari aula, sebanyak 30 anak usia sekolah kelas 4-6 SD mengikuti kegiatan Penyuluhan Pendidikan Karakter.

Mengawali kegiatandengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan pembacaan doa. Prosesi ini dilakukan pada kedua kegiatan secara bersamaan ditempat yang berbeda. Sekretaris LK3 Djakarta, M. Rafi menyatakan bahwa kesempatan ini merupakan momentum yang baik, untuk menginformasikan sekaligus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya permasalahan keluarga untuk segera diatasi.

“Masalah keluarga sangat beragam, dan memerlukan penanganan khusus yang cepat dan tepat. Kementerian Sosial sudah membangun sebuah layanan yang dapat diakses, maka pada kesempatan ini kami ingin menginformasikan dan mengedukasi masyarakat”, ujar Rafi.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Susy Dwi Harini turut hadir dan menyampaikan bahwa LK3 hadir ditengah masyarakat menjadi wadah bercerita dan ditangani langsung oleh profesional guna memberikan solusi atas permasalahan yang dialami anggota masyarakat.

“Permasalahan yang terjadi saat ini, dimana ketika terjadi masalah dalam keluarga maka mencurahkan hal tersebut ke sosial media yang akhirnya memunculkan masalah baru dan tidak menemukan solusi. LK3 hadir sebagai wadah bercerita yang ditangani oleh profesional dan mencari solusi untuk menghadapi masalah tersebut,” kata Susy Dwi Harini dalam sambutannya.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Kepala Sub Direktorat Lembaga Pemberdayaan dan Peduli Keluarga, Triwiyanto. Pada kesempatan tersebut, Triwiyanto menyampaikan bahwa layanan LK3 dapat diakses dan bersinergi dengan berbagai layanan yang dinaungi oleh berbagai instansi.

Pada sesi materi, para narasumber berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai keterkaitan kesejahteraan keluarga dengan kesejahteraan anak, jenis masalah-masalah psikososial, penanganan masalah sosial yang dialami oleh anggota keluarga. Peserta diarahkan untuk memahami bahwa keluarga perlu memiliki ketahanan psikososial sehingga lebih mampu menyelesaikan permasalahan yang terjadi didalam lingkungan keluarga.

Kegiatan sosialisasi dan penyuluhan mengenai “Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Bangsa” dapat mendukung terciptanya keluarga sejahtera. Anak-anak didampingi oleh tim LK3 Djakarta. Pembentukan karakter anak perlu dibentuk sejak dini untuk melahirkan generasi bangsa yang lebih baik sehingga mampu menciptakan keluarga tangguh. Bentuk sosialisasi kepada anak disampaikan melalui presentasi interaktif, games dan bernyanyi bersama. Fokus aktivitas ini mengajarkan nilai-nilai karakter seperti nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, bela negara, dan aspek positif lainnya.

“Pendidikan karakter sangat penting karena menentukan akan menjadi orang seperti apa anak-anak bangsa di masa depan. Kami berharap kegiatan ini bisa membuat anak-anak tidak hanya mengerti, tetapi bisa mencintai dan menerapkan nilai-nilai karakter tersebut. Kami merasa sangat senang karena tidak hanya kegiatan ini bisa menanamkan karakter-karakter yang baik pada anak tetapi juga merupakan bentuk sumbangsih kami kepada generasi penerus bangsa.” kata Amira, Koordinator Pendidikan Karakter Anak.

Dipenghujung kegiatan, anak-anak mendapatkan bonus safari “Mobil Anti Galau” milik LK3 Kementerian Sosial. Secara bergantian anak-anak diarahkan oleh tim untuk masuk ke mobil LK3, mendapatkan penjelasan tentang ruang yang tersedia dalam mobil, dan layanan yang diberikan. Konsultasi anggota masyarakat ikut mewarnai proses akhir dari kegiatan.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan piagam penghargaan kepada pihak RPTRA dan Direktorat PSPKKM, Kementerian Sosial R.I, diakhiri dengan foto bersama peserta dan penyelenggara.

Gambar 2: Penyelenggaraan Pendidikan Karakter kepada Anak Usia Sekolah Dasar

Gambar 3: Sambutan KABID Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta, Susy D.H

Gambar 4: Foto bersama Tim LK3 Djakarta dengan Peserta Pendidikan Karakter