ANAK PSAA PU 4 GENERASI CEMERLANG DKI JAKARTA

72

Gambar 1: Peserta, Fasilitator dan Pihak PSAA PU 4 Berfoto Bersama

Socialworksketch.id – LK3 Djakarta, unit program SWS (Social Work Sketch), pada Sabtu (15/2) kembali menyelenggarakan penguatan pendidikan karakter bagi anak. Bekerjasama dengan Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 4, Jakarta Barat mengangkat tema “Ayo Jadi Generasi Cemerlang.”

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan sambutan Ketua LK3 Djakarta, Riama Siringo dan perwakilan PSAA PU 4, Saepul Bahri. Kegiatan dilaksanakan dengan dua sesi. Sesi pertama presentasi dari fasilitator sebagai pengantar, dan kemudian dilanjutkan dengan pembagian kelompok. Sasaran penerima manfaat pada kegiatan ini sebanyak 120 anak berusia 6 hingga 18 tahun didampingi oleh 30 fasilitator dari Rumah Pekerja Sosial.

Peserta mengikuti secara antusias dan bergembira, metode yang digunakan ramah anak dan mudah dicerna melalui lagu, dan paparan kreatif serta alat peraga. Pada sesi diskusi kelompok, peserta secara mendalam disuguhkan konsep 18 nilai pendidikan karakter, 4 nilai karakter bangsa dan 9 nilai karakter sehari-hari serta berpikir kritis dan berempati terhadap orang lain dan lingkungan sekitar.

Riama Siringo menyatakan, melalui kegiatan ini anak-anak mendapatkan wawasan baru dan motivasi baru serta kesadaran pentingnya pendidikan karakter, berpikir kritis dan berempati.

“Melalui kegiatan ini diharapkan agar anak-anak dapat mengetahui, mencintai, dan mengimplementasikan nilai-nilai karakter yang telah diajarkan sehingga dapat terciptanya lingkungan panti yang baik. Nilai-nilai pendidikan karakter yang disampaikan diharapkan dapat membentuk karakter yang baik pada anak agar lebih sadar untuk berpikir kritis, berempati, bertanggung jawab, dan mandiri” ujar Riama.

Pada proses tumbuh kembang anak, perlunya pengetahuan sejak dini mengenai pendidikan karakter. Anak-anak dapat lebih paham dan memotivasi untuk menjaga perilaku dan nilai-nilai yang baik selama di panti. Pada sisi lain, panti juga dapat terus memberikan motivasi dan kesempatan untuk berkembang bagi anak-anak tersebut, sehingga dapat bertumbuh menjadi anak-anak yang peduli terhadap dirinya dan lingkungan sekitarnya.

Gambar 2: Fasilitator sedang memaparkan presentasi, dan Anak-anak serius mendengarkan