SAMBUT HARI PEREMPUAN INTERNASIONAL: SWS GELAR REMBUG FILM ‘ON THE BASIS OF SEX’

102

Gambar 1: Foto Bersama Para Peserta Rembug Film di STISIP Widuri

Socialworksketch.id – Peringatan Hari Perempuan Internasional dirayakan setiap tanggal 8 Maret diseluruh dunia. Berbagai pihak merayakannya melalui berbagai cara. Salah satunya, Social Work Sketch memilih bekerjasama dengan STISIP Widuri untuk merayakannya dengan pemutaran film dan diskusi pada Sabtu (7/3) pagi, di Gedung B STISIP Widuri.

Film yang diputar merupakan sebuah kisah nyata dari Ruth Bader Ginsburg yang berupaya untuk mendapatkan kesempatan menjadi seorang pengacara di Amerika Serikat pada tahun 1956 dan memperjuangkan kliennya mendapatkan kesempatan hak yang sama di mata hukum. Cerita yang disuguhkan menarik, dimana momentum perempuan untuk mendapatkan kesetaraan menjadi inspirasi bagi para penonton.

Acara dibuka oleh Dosen STISIP Widuri, Flores M secara langsung. Pada sambutannya, Flores, mendorong agar para mahasiswa dapat memetik pesan moral dan motivasi melalui tayangan film yang akan diputar.

“Ini momentum yang baik, dalam suasana memperingati Hari Perempuan Internasional Anda mendapatkan sebuah motivasi, bahwa kesetaraan itu sesuatu yang harus dan perlu diperjuangkan. Semoga film ini dapat menjadi inspirasi bagi kalian, tutup Flores.”

Film berdurasi 120 menit itu, membuat para mahasiswa menjadi bersemangat. Semua memilih bertahan pada ruangan dan mengikuti sesi diskusi yang dipandu oleh Anggi RS selaku fasilitator. Paling tidak film tersebut memberikan beberapa nilai yang menjadi inspirasi di Hari Perempuan Internasional, diantaranya integritas, profesional, kekuatan, kecerdasan dan stylish. Kelima nilai diatas menggambarkan isi film yang menjadi motivasi bagi mahasiswa.

Pada sesi akhir, peserta menyampaikan pesan secara tertulis dan ditempelkan pada karton yang telah disediakan oleh tim. Pesan-pesan itu ditujukan bagi perempuan di Indonesia. Dan akan dibawa pada esok hari (8/3), pada puncak aksi peringatan International Women Day 2020 yang dirayakan di depan Istana Negara.

Gambar 2: Para Peserta sedang serius berdiskusi tentang film “On The Basis of Sex”

Gambar 3: Berfoto dengan Hasil Pesan dan Sikap yang akan dikampanyekan pada Long March International Women Day tanggal 8 Maret 2020